Jumat, 04 Februari 2011

Pemberian nilai ke variabel

            Variabel dapat diisi dengan nilai konsanta, variabel atau bahkan hasil dari suatu ekspresi atau fungsi . Pemberian nilai ke variabel dilakukan dengan menggunakan pernyataan penugasan.
 seperti inilah sobat bentuk nya :
 Photobucket
Contoh :
        Jumlah :=5;
        Jumlah := 6 + 4;
        Jumlah :=jumlah + 2;

  Hal penting yang berkaitan dengan pemberian nilaai adalah masalah tipe. Turbo pascal merupakan bahasa yang sangat peka terhadap tipe data. Suatu variabel yang dideklarasikan bertipe Integer, misalnya tidak dapat diisi dengan tipe data Real.
 Char tidak bisa diisi dengan nilai integer. Pemrograman harus menjamain bahwa data yang dikirimkan ke suatu variabel sesuai dengan tipenya.

Contoh program nya seperti ini sob :


Photobucket
program variabel_dari_prodichky09;
 Uses wincrt;
 VAR
 nama:string;
 nilai:integer;
Begin
nama:='prodichky09';
nilai:=100;
writeln(nama);
writeln(nilai);
end.

setelah di eksekusi akan menjadi begini.

Photobucket 



 Semoga artikel dari saya bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.

Baca ini juga



0 komentar:

Posting Komentar

untuk semua sobat blogger.
saya sangat menghargai commentar anda tentang artikel yang ada di blog saya,dan saya sangat berterima kasih bila anda melakukan copy paste artikel saya dengan mencantumkan sumber artikel saya pada blogger anda.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons